Kenapa “Speaking“ sulit?? (Part 1)



Image result for tape mouth
Creator:VladimirFLoyd
Credit:Getty Images/iStockphoto

Hi everyone! Welcome back di Easy Inggris. Kali ini saya akan sedikit bercerita dan berbagi tips untuk kalian semua mengenai “Speaking”.

“Speaking” atauberbicara adalah salah satu skill penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris.Namun, tidak bisa disangkal bahwa skill ini tidaklah mudah untuk dikuasai.Setidaknya, itulah kalimat yang sering kali keluar dari mulut peserta didiksaya yang sebagian besar sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi negerimaupun swasta disini.

Saya masih ingat jelas,beberapa waktu lalu ketika baru saja selesai mengajar mata kuliah “Speaking”ini, datanglah seorang mahasiswi sebut saja “Gadis” yang dari tadi menungguberakhirnya kelas. Kemudian ia berlari ke arah saya dan langsung memeluk lalu menangistersedu-sedu. Saya dengan sedikit ‘shocked’,berusaha untuk mendekati dan memeluknya sambil berbisik, “Kenapa nangis? Yuksini cerita.”  Sambil menahan air matayang deras mengalir di pipinya, sang Gadis mulai menceritakan apa yang sebenarnyaterjadi. Gadis mengatakan bahwa ia merasa kesal dan kecewa dengan dirinyasendiri karena ‘speaking performance’ nyadi kelas sedikit terbata-bata dan ia banyak membuat kesalahan ketika melafalkanbeberapa kalimat yang ia anggap penting. Diakhir keluh kesahnya kepada sayalalu Ia bertanya, “Mrs. Ko’ Speakingsusah sekali ya?”

“Oalah, saya kira adamasalah pribadi apa.” Saya berkata sambil mengelus halus pundaknya dan masihmenunggunya berhenti menangis. Setelah saya lihat si Gadis sudah tenang, barulah saya mengorek-ngorek tentang apa yang membuat ia sampai berpikir bahwa“Speaking” ini sulit. Singkat cerita, beberapa masalah yang Gadis dan teman-temannyahadapi terkait berbicara dalam Bahasa Inggris baik di kelas ataupun diluarkelas adalah sebagai berikut:

  1. Kurangnya Kosakatadalam Bahasa Inggris sehingga sulit untuk memulai percakapan.
  2. Perbedaan tulisandan cara membaca dalam Bahasa Inggris yang tidak mereka temui ketika belajarBahasa Indonesia. 
  3. Rendahnya motivasidan rasa percaya diri.
  4. Kurangnya saranadan prasarana yang menunjang untuk berlatih.
  5. Kurangnyateman/partner yang mau diajak berbicara.
  6. Banyaknyatanggapan negative ketika mulai berbicara dalam Bahasa Inggris baik dari temanmaupun lingkungan sekitar.

Setelah membacapengantar diatas, saya yakin pasti banyak dari kalian yang menggangukan kepaladan setuju mengenai kendala dan masalah yang dihadapi si Gadis bukan?  Selanjutnya di part ke-2 saya akan berceritadan berbagi ‘Personal experience’ untukmenyelesaian hambatan-hambatan tersebut ya. Don’t miss it guys!

Comments

Popular Post

Affirmative, Negative & Interrogative Sentence

Idiom of the Day: A Cup of Tea

Making & Responding Suggestions

Perbedaan Word, Phrase, Clause, dan Sentence

When in Rome, Do As the Romans Do: Artinya??