Noun Phrase

Image result for noun phrase



Pada post sebelumnya kita telah membahas sedikit tentang apa itu Phrase atau frasa. Masih ingat kan? Phrase merupakan kumpulan kata yang membentuk suatu makna namun tidak berpola S-V. Dalam sebuah phrase terdapat kata pokok atau Head (H) dan kata penjelas atau Modifier (M). Pada post kali ini kita membahas Noun Phrase secara spesifik.
Apakah yang dimaksud dengan Noun Phrase? Noun Phrase merupakan frasa yang head atau kata pokoknya merupakan Noun atau kata benda. Sedangkan yang berfungsi sebagai Modifier adalah Adjective. Telah kita bahas pada post sebelumnya bahwa semua kata yang menjelaskan Noun adalah Adjective. Jadi, kata apapun itu jika dalam sebuah frasa dia berfungsi untuk menjelaskan Noun maka kata itu termasuk adjective. Contoh:
  • The book
    Book merupakan Head sedangkan The merupakan Modifier. Dalam frasa ini The yang merupakan sebuah artikel berfungsi sebagai Adjective karena menjelaskan Noun (Book).
  • The crying baby
    Head frasa di atas adalah Baby sedangkan Modifiernya adalah Crying dan The karena kedua kata itu berfungsi untuk menjelaskan Noun meskipun kata Crying berasal dari Verb.
  • Education system
    Kata pokok dalam frasa di atas adalah System sedangkan Modifiernya adalah Education. Education termasuk dalam kelas kata Noun, namun dalam konteks frasa di atas, kata Education berfungsi sebagai Adjective karena berfungsi menjelaskan Noun. Noun yang berfungsi sebagai Adjective disebut juga Noun Adjunct.
  • The man sitting on the bench is my brother.
    Kata pokok atau Head dalam frasa yang ditulis tebal merupakan Man. Sedangkan, The merupakan Modifiernya. Selain itu, Sitting on the bench juga merupakan frasa yang turut menjelaskan Man, sehingga frasa ini juga termasuk Modifier untuk Man. Frasa Sitting on the bench merupakan frasa yang berfungsi sebagai Adjective karena berfungsi menjelaskan Noun.
  • The woman, wearing the blue jeans, took the book.
    Subject pada kalimat di atas adalah Woman yang berfungsi sebagai Head, sedangkan The merupakan Modifiernya. Setelah subject terdapat informasi tambahan yang berfungsi untuk menjelaskan subject dan diapit dalam dua koma.  Frasa atau Klausa semacam ini disebut Appositive. Appositive pada kalimat di atas (Wearing the blue jeans) merupakan frasa yang menjelaskan The Woman, sehinga frasa itu juga termasuk sebagai Modifier atau Adjective.
Demikian pembahasan kita kali ini. Semoga bermanfaat bagi pengetahuan kita tentang Bahasa Inggris dan dapat menambah skill kita dalam menggunakan Bahasa Inggris dalam khidupan sehari-hari. Well, sampai ketemu di pembahasan selanjutnya. Selamat belajar!

Comments

Popular Post

Affirmative, Negative & Interrogative Sentence

Idiom of the Day: A Cup of Tea

Making & Responding Suggestions

Perbedaan Word, Phrase, Clause, dan Sentence

When in Rome, Do As the Romans Do: Artinya??